10+ Aplikasi Recording Audio Terbaik untuk Pc dan Android

Aplikasi Recording Audio Terbaik – Dahulu, pembuatan musik dilakukan dengan cara perekaman di studio musik.

Hal tersebut membuat proses pembuatan lagu menyerap banyak sekali anggaran. Perkembangan teknologi membuat industri aplikasi recroding ikut berkembang.

Aplikasi ini akan membuat Anda dapat melakukan perekaman suara secara mandiri di rumah. Kegiatan tersebut sangat meminimalisir biaya mengingat alat yang diperlukan juga tidak terlalu mahal.

Industri musik yang mulai beralih menjadi home industry karena perkembangan teknologi yang sangat cepat.

Aplikasi Recording Audio Terbaik

Aplikasi Recording Audio Terbaik Ardour

Ardour merupakan aplikasi recording yang dapat digunakan dalam sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS, FreeBsd, dan Linux.

Proses penggunaannya mudah membuat software ini sangat disukai oleh kalangan editor profesional dan pemula. Tidak hanya menjadi perekam audio digital, software ini juga dapat digunakan sebagai hard disk recorder.

Ardour memiliki empat fitur utama yang menjadi Andalannya yaitu recording, mixing, editing, dan mastering. Saat penggunaan fitur recording diperlukan hardware tambahan berupa mic berkualitas agar suara yang masuk berkualitas pula.

Berbeda dengan recording ketiga fitur utama lainnya tidak memerlukan hardware tambahan agar berjalan maksimal.

Aplikasi Recording Audio Terbaik Logic Pro X

Aplikasi Recording Audio/ Sumber image: apple.com

Logic Pro X merupakan salah satu DAW (Digital Audio Workstation) yang sangat terkenal. Logic Pro X memiliki sejarah yang sangat panjang.

Pada tahun 1990 aplikasi ini dirilis dengan nama Notator Logic atau sering disebut sebagai Logic. Logic pada saat perintisan berawal dari developer asal jerman yang bernama C-Lab.

Beberapa kali pergantian developer terjadi dan saat ini dipegang oleh Apple Inc.

Logic Pro X merupakan platform recorder yang hanya dapat digunakan pada sistem operasi Mac OS saja. Keterbatasan ini tidak membuat aplikasi ini menjadi redup.

Logic Pro x mempunyai tiga fitur utama yang menjadi bahan jualan terbaiknya.

Dalam fitur software instrument banyak sekali disediakan jenis jenis instrumen. Anda dapat menggunakan instrumen tersebut untuk mempermanis sebuah lagu.

Instrumen yang disediakan juga sangat mirip seperti aslinya. Terdapat pula dua fitur lainnya yang tidak kalah menawan yaitu audio effects dan distributed processing.

Aplikasi Recording Audio FL Studio

FL Studio diluncurkan pada 18 Desember 1997 dengan nama awal adalah Fruity Loops. Aplikasi ini dikembangkan oleh Image- Line sampai pernah menjadi aplikasi DAW paling populer pada tahun 2014 yang lalu.

FL studio merupakan aplikasi komersial sehingga untuk mendapatkan lisensi darinya harus mengeluarkan sedikit uang terlebih dahulu.

FL Studio dapat dijalankan dengan baik menggunakan sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.

FL Studio sendiri memiliki empat versi yang diperuntukkan untuk pengguna Microsoft Windows yaitu Fruity Edition, Signature Bundle, producer Edition, dan All plugins Bundle.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh para seniman ternama seperti Alan Walker dan lain lain.

Studio One

Aplikasi ini dirilis sekitar 10 tahun yang lalu tepatnya 27 september 2009. Kegunaan utama dari aplikasi ini adalah untuk creating, recording, dan mastering audio.

Proses editing yang dilakukan menggunakan Studio One akan menghasilkan kualitas yang bagus asalkan skill dari pengguna juga cukup terampil.

Normalnya pada semua proses editing pada aplikasi manapun membutuhkan skill mumpuni.

Aplikasi Studio One dikembangkan oleh Presonus dan sekarang dapat menggunakan 8 jenis bahasa. Bahasa yang dapat digunakan sebagai alternatif adalah English, German, Chinese, Spanish, French, Italian, Portuguese, Japanese.

Studio One didukung oleh sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS sebagai penyokong utamanya. Aplikasi ini merupakan aplikasi komersial yang memperoleh pendapatan dari penjualan lisensi.

Terdapat perbedaan yang mencolok antara versi trial dengan versi professional yaitu keterbatasan yang sangat besar saat menggunakan versi trial.

Ableton Live

Ableton Live dirilis pada tahun 2001 fitur yang mumpuni menjadi menyokong Andalan Ableton Live. Terdapat beberapa fitur utama yang memiliki kegunaan beragam.

Salah satunya adalah view yang berguna untuk melihat hasil kerja Anda. Sehingga dapat dievaluasi dan langsung diperbaiki saat itu juga. Karena sebuah kesalahan bisa menjadi sangat fatal apabila diperhatikan secara seksama.

Instrumen juga termasuk salah satu fitur unggulan dalam Ableton Live. Dengan memasukkan beberapa instrumen seperti instrumen bass, drum dan lain- lain akan membuat musik yang dihasilkan menjadi lebih berwarna.

Selain kedua fitur diatas terdapat pula fitur dedicated hardware instruments, effects, working with audio clips, envelopes, user interface.

Adobe Audition

Adobe System merupakan developer software yang telah melebarkan sayapnya ke berbagai jenis software, seperti editing gambar, video, audio, dan lain sebagainya.

Salah satu software yang bergerak di bidang editing audio adalah Adobe Audition. Aplikasi ini mempunyai fitur recording audio yang akan lebih baik hasilnya apabila menggunakan perangkat tambahan seperti mic.

Keunggulan aplikasi ini adalah terdapatnya fitur multi track yang dapat membuat beberapa suara berbunyi bersamaan sehingga, kita bisa membuat efek gema menggunakan Adobe Audition. Aplikasi ini menggunakan sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.

GarageBand

Aplikasi ini di produksi untuk sistem operasi Mac OS dan IOS oleh Apple. Garageband merupakan digital audio workstation yang memiliki pamor cukup tinggi karena mampu bertahan hingga 15 tahun lamanya sejak rilis perdana pada tahun 2004.

Beberapa fitur yang disajikan adalah audio recording yang tentu saja digunakan sebagai sarana perekaman atau pengambilan suara.

Selanjutnya ada Virtual Software Instrument, Guitar Features, MIDI Editing, Music Lesson, Additional Audio Loops, Third- Party Instruments and Apple Loop Packages, Sample Multitrack Sources Files, Limitations.

Steinberg Cubase

Steinberg merilis Steinberg Cubase sejak 30 tahun yang lalu tepatnya April 1989. Steinberg Cubase berguna untuk MIDI recording, arranging, dan editing. Sehingga membuat konten audio yang berkualitas cukup hanya dengan sebuah aplikasi saja.

Steinberg banyak digunakan karena fitur fiturnya yang lengkap. Mengaransemen lagu menggunakan Steinberg Cubase juga sangat dimungkinkan. Hal tersebut kembali lagi kepada kemampuan pengguna dalam memaksimalkan kegunaan sebuah aplikasi.

Cakewalk Sonar

Cakewalk Sonar dirilis oleh Cakewalk pada 2017 yang lalu. Aplikasi ini baru bisa digunakan pada sistem operasi Microsoft Windows saja.

Pengeditan yang dilakukan menggunakan Cakewalk Sonar dapat dibilang mudah. Namun, pengembangan kreativitas sangat diperlukan karena akan mempengaruhi hasil dari musik yang dihasilkan.

Pada saat merekam juga harus memperhatikan kualitas mic yang digunakan karena akan sangat berpengaruh pada tingkat kejernihan/ kualitas suara.

Setiap faktor sederhana harus selalu mendapat perhatian agar kualitas musik menjadi maksimal. Ini akan berpengaruh pula pada penjualan musik apabila perekaman dilakukan dengan tujuan komersial.

Pro Tools

Aplikasi ini sudah sangat terkenal diantara editor editor audio profesional. Hal tersebut wajar karena aplikasi sudah dirilis sejak januari 1989 sehingga sudah terhitung 30 tahun yang lalu.

Kemampuan aplikasi ini untuk terus bertahan diantara gerusan aplikasi lain dikarenakan inovasi yang terus dilakukan. Merekam menggunakan Pro Tools juga mudah dilakukan.

Leave a Reply